Ekonomi Fitrah – Majalah Sharing Edisi Agustus 2010

ekonomi syariah bank islam islamic bank and finance investing investasi kewirausahaan entrepreneurship bisnis sosok wawancara artikel majalah uang perbankan waralaba usaha peluang business entrepreneur entrepreneurs

SHARING Inspirator Ekonomi & Bisnis Syariah Edisi 44 Thn IV-Agustus 2010

Ekonomi Fitrah

Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mengembalikan ekonomi fitrahnya

Berikut topik-topik yang ada di dalamnya:

Laporan Utama:

–          Ekonomi Fitrah – “Fitrah adalah bentuk dan sistem yang diwujudkan Allah pada setiap makhluk. Fitrah yang berkaitan dengan manusia adalah apa yang diciptakan Allah pada manusia yang berkaitan dengan jasmani dan akalnya (serta ruhnya). Inilah fitrah manusia: born to be good.”

–          Dari Fitrah Menuju Falah – “Fitrah dapat juga diartikan sebagai kebaikan asal (original goodness) sebagai potensi kebaikan yang dibawa sejak lahir. Seseorang dapat melenceng dari fitrahnya ketika diperkenalkan dan diajarkan konsep dan praktik yang salah.”

–          Lima Jalan Menuju Fitrah – “Lao-Tzu, seorang filsuf Cina juga mengatakan bahwa ‘Mengenal orang lain merupakan hal yang bijak, tetapi mengenal diri sendiri merupakan pencerahan.”

–         Mengembalikan Ekonomi Kepada Fitrahnya – “Bersyukur akan memberi manusia kesempatan untuk meningkatkan kualitas hubungan, baik kepada Allah maupun kepada sesama. Bersyukur akan melindungi manusia dari azab dan musibah. Bersyukur juga akan memberi manusia tambahan hasil yang lebih baik. Lebih dari itu, kunci untuk menciptakan negeri yang makmur dan sejahtera adalah masyarakatnya banyak bersyukur”

–          Haji nan Elegan Ala Cordova – “Haji dan umrah bisa dijadikan cara mendongkrak kinerja sumber daya manusia (SDM) di dalam perusahaan. Apalagi, jika didukung perjalanan ibadah yang nyaman dan elegan”

–          Saatnya Berpuasa Ekonomi – “Transaksi ekonomi tidak boleh mengganggu jiwa manusia atau nilai-nilai eksistensi manusia. Transaksi ekonomi juga tidak boleh mengganggu akal manusia. Lalu transaksi ekonomi tidak boleh mengorbankan atau merusak keturunan. Kemudian transaksi ekonomi tidak boleh melanggar hak-hak manusia, misalnya mengambil harta dengan cara yang bathil dan sebagainya. Berikutnya, transaksi ekonomi tidak boleh melanggar nilai-nilai agama. Serta terakhir, transaksi ekonomi tidak boleh mengorbankan atau merusak lingkungan hidup.”

–          Mendidik Anak tak Sayang Harta – “Sebuah keluarga harus seperti piramida. Di setiap sisi terdapat ayah, ibu dan anak. Sedangkan di bagian atas terdapat Allah. Jadi apapun yang dipikirkan semua berakhir di satu tujuan, Allah.”

–         LPPA DARUL QUR’AN: Menciptakan Generasi Muda Qur’an, Pemimpin Masa Depan – “Kami berkeyakinan, para penghafal Alquran adalah aset bangsa. Kami mempunyai visi kedepan, bahwa pada masa mendatang, para pemimpin: baik presiden, menteri, pimpinan perusahaan, pimpinan sekolah, pimpinan perguruan tinggi, bahkan manager, dokter, dosen, arsitek, akuntan, pilot dan sebagainya, akan menguasai, bahkan menghafal Alquran.”

Fokus

–          Cara Pegadaian Syariah Menyambut Ramadhan – “Sekarang ini, sampai Juni 2010, pembiayaan kami sudah Rp 1,9 Trilyun. Dan ini biasanya akan naik cepat setelah pertengahan tahun, apalagi dengan adanya Ramadhan sebentar lagi. Kami optimis, target Rp 4,4 Trilyun di akhir tahun, Insya Allah tercapai.”

English Section

–          A Quick Solution to Human Resource Deficit of Sharia Banking? – “An iB Officer Development Program (iB-ODP) is a program designed to produce Human Resource with competence on par with officers in sharia banking.”

–          Can Islamic Microfinance Instrument Help the Poor? – “Although he did not intend to downgrade the contribution of Grameen Bank in generating self-employment, creating social awareness and social security of poor women in a predominant Muslim society like Bangladesh, in fact thet operation of the Garmeen Bank microfinance tends to perpetuate poverty and there is no built in mechanism to break the vicious circle of poverty.”

Bisnis

–          Genteng Jatiwangi di Tengah Persaingan – “Keuntungan kami bisa berkali-kali lipat, minimal lebih dari 100% ongkos produksi, kata Oing menjelaskan.”

Internasional

–          Pasar Muslim di Dunia – “Pasar Muslim sebanyak 1,8 Miliar orang masih kurang dijajaki. Konsumen Muslim berpotensi amat besar bagi dunia bisnis di seluruh dunia, tapi hanya jika nilai-nilai mereka dipahami dengan benar. Ketika populasi-populasi Muslim di seluruh dunia memiliki banyak warna di antara satu dengan lainnya, kami mengidentifikasi tren perilaku dan insight yang amat penting bagi pemasar untuk membangun hubungan yang lebih berarti dengan konstituen ini.”

Opini

–          Mencegah Komersialisasi Aktivitas Tabarruk, oleh Muhamad Said Fathurrohman (Dosen Departemen Ekonomi Syariah Universitas Airlangga)

Sosok

–          Mensyariahkan Pasar Modal – “Dulu saya bingung, kenapa namanya saham? Ternyata saham itu dari bahasa Arab, yaitu muhasamah.”

Ragam

–          Paciwit-ciwit Hukuoka – “Hukuoka begitu menikmati permainan tradisional Sunda, paciwit-ciwit lutung. Yakni berupa permainan tangan. Jari tangan mencubit punggung tangan temannya begitupun sebaliknya (tergantung jumlah pemain) hingga membentuk rangkaian cubitan yang tinggi. Permainan ini diiringi dengan nyanyian Sunda berbunyi ‘paciwit-ciwit lutung si sutung pindah ka tungtung.”

Entrepreneur

–          Alat Shalat Bermotif Kartun – “Anita Suryawati menginovasi alat shalat anak. Meninggalkan motif klasik dan menggantinya dengan tokoh kartun.”

Peristiwa Analisa

–          Indonesia Sebagai Kiblat Fesyen Muslim Dunia – “Menurut Gilarsi yang mengutip data Nielsen, 2008, total nilai industri fesyen dunia adalah USD 1,7 Trilyun. Sementara fesyen Muslim hanya sekitar USD 228 Miliar. Sementara output industri tekstil Indonesia baru USD 10 Miliar. Peluangnya masih besar, tandas Gilarsi.”

Human Capital

–          Budaya Berbagi, oleh Ahmad Fadjrie

Wisata

–          Museum Linggarjati – “Begitu masuk bangunan, pengunjung akan disuguhi diorama Perjanjian Linggarjati sekaligus kursi aslinya. Ini memungkinkan pengunjung membayangkan di mana letak duduk perwakilan Belanda dan Indonesia.”

Personal Investing

–          Belanja Religi: Memilah dan Memilih oleh Elsa Febiola Aryanti (Perencana Keuangan & Associate Partner Hijrah Institute)

DLL.


Dapatkan Majalah ini dengan memesan melalui:

via telp 0274-8273369 atau

via SMS 085729542701 atau

via email: alvisidik@gmail.com

via Yahoo Messenger: alvinsidik


Atau Majalah juga bisa didapatkan di Foto Copy FIAI UII Yogyakarta


https://ekisart.wordpress.com

 

Harga Rp 20.000,-, Beli 5 Majalah Sharing* Bonus 1 Majalah Sharing** atau Beli 6 hanya dengan harga Rp 100.000,-


*Tidak harus edisi yang sama, boleh campuran, misal beli majalah sharing edisi 39 – 43 diperbolehkan.
**Bonus 1 majalah sharing juga bebas pilih edisi.


NB: Menerima Agen Kampus di Wilayah Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: