Analisis Teoritis Ekonomi Islam Jawaban Atas Kekacauan Ekonomi Modern

ekis-ali-sakti

Akhirnya tak bisa dipungkiri bahwa ternyata dalam lebih dari satu abad ini perekonomian modern hanya menghasilkan manusia-manusia ekonomi yang materialistik, individualistik dan konsumeristik. Bukankah masalah moral semakin menunjukkan wajahnya dalam ekonomi modern ini?

Berlandaskan pada analisa ini, Islam sebagai sistem hidup dan kehidupan manusia yang integratif dan komprehensif sangat tepat untuk menjadi sumber hukum atau rujukan dalam pengembangan ekonomi. Bersumber dari Tuhan membuat Islam mengeliminasi risiko terkontaminasinya sistem ekonomi dari kelemahan sistem yang berasal dari manusia. Karena kelemahan konvensional berawal dari hal ini, di mana kelemahan alamiah (fitrah) dari manusia menjadi build in dalam sistem yang mereka ciptakan dan susun. Konsistensi dan stabilitas diyakini menjadi nature dari sistem islam, sehingga ia memiliki karakter yang kuat dan menjadi kandidat yang cukup beralasan untuk diposisikan sebagai sumber rujukan pembangunan ekonomi. Seperti apa bentuk ekonomi yang ditawarkan Islam?

Ali Sakti, Lahir di Balikpapan 27 Maret 1974. Menyelesaikan pendidikan Dasar hingga SMA nya di Jakarta. Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran Bandung pada Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, kemudian melanjutkan Master Ekonomi di Internasional Islamic University Malaysia yang diselesaikannya pada tahun 2002.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan ini memiliki pengalaman mengajar di beberapa tempat diantaranya asisten Dosen di Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan UNPAD, D3 PAAP UNPAD, Syariah Economics and Banking Institute (SEBI) dimana dia ditunjuk sebagai Ketua Program Studi.

Selain mengajar, dia pernah terlibat dalam beberapa proyek penelitian Ekonomi serta menulis di beberapa media cetak dan jurnal diantaranya Harian Republika.

Saat ini, bekerja sebagai Peneliti Yunior di Bank Indonesia.

Untuk wilayah Yogyakarta, Buku ini dapat dibeli di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta atau dapat menghubungi :

Maula Alvi Sidik

di Jalan Layur 3 Nomer 1 Minomartani, Ngaglik, Sleman, D.I. Yogyakarta 55581

No. Phone : (0274) 882541 / 085959288698 / 085729542701

email : alvisidik@gmail.com

blog site : https://ekisart.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: